Monday 27 March 2017

Metode Pengumpulan Harga Pokok dalam Akuntansi Biaya


Metode Pengumpulan Harga Pokok dalam Akuntansi Biaya - Terdapat dua metode pengumpulan / penghitungan harga pokok dalam akuntansi biaya, yaitu sebagai berikut:
  1. Metode Harga Pokok Pesanan (Job Order Cost Method) adalah metode pengumpulan harga pokok produk dimana biaya dikumpulkan untuk setiap pesanan atau kontrak atau jasa secara terpisah, dan setiap pesanan atau kontrak atau jasa dapat dipisahkan identitasnya. Jumlah biaya produksi setiap pesanan atau kontrak atau jasa akan dihitung pada saat pesanan atau kontrak atau jasa selesai. Untuk menghitung biaya satuan, jumlah biaya produksi pesanan tertentu dibagi jumlah produksi pesanan yang bersangkutan.
  2. Metode Harga Pokok Proses (Process Cost Method) adalah metode pengumpulan harga produk dimana biaya dikumpulkan untuk setiap satuan waktu tertentu, misalnya bulan, triwulan, semester, tahun. Jumlah total biaya produksi dihitung pada setiap akhir periode dengan menjumlah semua elemen biaya yang dinikmati produk dalam satuan waktu yang bersangkutan. Untuk menghitung biaya satuan, jumlah total biaya produksi pada satuan tertentu dibagi jumlah produk yang dihasilkan pada satuan waktu yang sama.
Penerapan dua metode tersebut pada suatu perusahaan tergantung pada sifat atau karakteristik pengolahan bahan menjadi produk selesai akan mempengaruhi metode pengumpulan harga pokok yang digunakan.

Sistem Penentuan Harga Pokok dapat digolongkan menjadi:
  1. Sistem Harga Pokok Sesungguhnya (historical cost system) adalah sistem pembebanan harga pokok pada produk atau pesanan atau jasa yang dihasilkan sesuai dengan harga pokok atau biaya yang sesungguhnya dinikmati.
  2. Sistem Harga Pokok yang Ditentukan di Muka (predetermined cost system) adalah sistem pembebanan harga pokok pada produk atau pesanan atau jasa yang dihasilkan sebesar harga pokok yang ditentukan di muka sebelum suatu produk atau pesanan atau jasa mulai dikerjakan.

Bagikan

Jangan lewatkan

Metode Pengumpulan Harga Pokok dalam Akuntansi Biaya
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.