Monday 27 March 2017

Konsep dan Terminologi Akuntansi Biaya


Konsep dan Terminologi Akuntansi Biaya - Beberapa konsep dan terminologi akuntansi biaya yang sering dipakai adalah sebagai berikut:
  1. Harga Perolehan atau Harga Pokok (Cost) adalah jumlah yang dapat diukur dalam satuan uang, dalam rangka pemilikan barang dan jasa yang diperlukan perusahaan pada masa lalu (harga perolehan yang telah terjadi) maupun pada masa yang akan datang (harga perolehan yang akan terjadi).
  2. Biaya (Expenses) adalah harga perolehan yang digunakan dalam rangka memperoleh penghasilan (revenue) dan dipakai sebagai pengurang penghasilan. Biaya digolongkan ke dalam harga pokok penjualan, biaya penjualan, biaya administrasi dan umum, biaya bunga, dan biaya pajak perseroan.
  3. Penghasilan (Revenue) adalah jumlah yang dapat diukur dalam satuan uang, dalam rangka penjualan barang dagang, produk atau jasa yang dilakukan oleh perusahaan kepada pihak lain.
  4. Rugi dan Laba (Profit and Loss) adalah hasil dari proses mempertemukan secara wajar antara semua penghasilan dengan semua biaya dalam periode akuntansi yang sama.
  5. Rugi (Losses) adalah berkurangnya aktiva atau kekayaan perusahaan yang bukan karena pengambilan modal oleh pemilik, dan tidak ada manfaat yang diperoleh dari berkurangnya aktiva tersebut.

Bagikan

Jangan lewatkan

Konsep dan Terminologi Akuntansi Biaya
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.